Lancer Evolution



Mitsubishi Lancer Evolution , yang populer disebut sebagai ' Evo ',adalah sedan sport dan mobil reli yang dibuat berdasarkan Lancer yang diproduksi oleh produsen Jepang Mitsubishi Motors dari tahun 1992 hingga 2016. Ada sepuluh versi resmi hingga saat ini, Generasi kesepuluh dan terakhir dari Lancer Evolution, Evolution X, diluncurkan di Jepang pada tahun 2007, dan pasar luar negeri pada tahun 2008. Evolution X diproduksi selama hampir 10 tahun hingga Mitsubishi menghentikan produksi Lancer Evolution pada bulan April 2016.





Evolution I

Lancer Evolution pertama menggunakan mesin DOHC turbocharged 2.0 L dan drivetrain AWD dari Galant VR-4 asli dalam chassis Lancer, dan dijual dalam model GSR dan RS. Mesin ini juga digunakan dalam Mitsubishi RVR dengan paket trim Hyper Sports Gear, dan Mitsubishi Chariot Resort Runner GT . RS adalah versi yang dipreteli yang tidak memiliki power window dan kursi, rem anti-lock , wiper belakang, dan memiliki roda baja dengan berat sekitar 70 kg (154 lb) lebih ringan dari GSR yang 1.238 kg (2.729 lb), siap untuk balap atau tuning. Versi RS dirilis dengan diferensial selip terbatas belakang tipe pelat mekanis (LSD). GSR hadir dengan semua kenyamanan mobil jalan raya biasa, termasuk sistem kontrol iklim layar digital. Ia datang dengan mesin Mitsubishi 4G63 yang menghasilkan 247 PS (182 kW; 244 hp) pada 6.000 rpm dan 309 N⋅m (228 lb⋅ft) pada 3.000 rpm. 5.000 Evolution generasi pertama terjual antara tahun 1992 dan 1993. Kecepatan tertinggi adalah 228 km/jam (142 mph). Versi GSR dari Evolution I adalah satu-satunya Evolution Lancer yang dirilis dengan diferensial belakang selip terbatas kental ( VLSD ). Semua model Evolution Lancer berikutnya menampilkan LSD tipe pelat mekanis belakang.



Evolution II

Evolution II ditingkatkan pada bulan Desember 1993, dan diproduksi hingga Februari 1995. Ini terutama terdiri dari penanganan perbaikan, termasuk penyesuaian wheelbase kecil, swaybar depan lebih ringan yang terhubung melalui tautan swaybar ke struts depan, tweak bodywork termasuk spoiler yang lebih besar, dan ban yang 10 mm (0,4 in) lebih lebar. Evolusi ini juga memiliki tangki bahan bakar 50 L (13,2 gal AS; 11,0 gal imp). Output daya ditingkatkan menjadi 256 PS (188 kW; 252 hp) dari mesin yang sama dan torsi tidak berubah untuk model GSR dan RS. Sebagian besar mobil datang dengan roda OZ 5-spoke 15 inci dari pabrik, meskipun beberapa model RS yang dijual ke tim balap privateer meninggalkan pabrik dengan roda baja.



Evolution III

Februari 1995 melihat kedatangan Evolution III, mengikuti pra-rilis pada tahun 1993 yang memiliki beberapa perbaikan dari model sebelumnya. Gaya baru yang lebih agresif dan cetakan hidung baru meningkatkan pasokan udara ke radiator, intercooler dan rem. Side skirt baru dan cetakan bemper belakang dan spoiler belakang yang lebih besar ditambahkan untuk mengurangi daya angkat. Mesinnya ditingkatkan dan memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dari sebelumnya, dan kompresor turbocharger baru.



Evolution IV

Evolution IV dapat dibedakan dari dua lampu kabut besar di bemper depan (opsi pada versi RS), dan lampu belakang dengan desain baru di bagian belakang, yang menjadi desain standar untuk Evolution V, yang kemudian menjadi ciri khas lain dari seri Evolution, perlu dicatat RS tidak memiliki dudukan lampu di bagasi untuk lebih menghemat bobot. Generasi baru ini sedikit lebih berat dibandingkan Evo sebelumnya—terutama GSR karena sistem teknologi tambahannya—namun untuk mengatasinya, mobil ini menghasilkan tenaga yang lebih besar.



Evolution V

Evolution V dan seterusnya tidak lagi dianggap "kompak" menurut peraturan dimensi Jepang , karena mobil tersebut sekarang 70 mm (2,8 in) lebih lebar dari batas yang ditetapkan yaitu 1.700 mm (66,9 in)). Banyak sekali yang berubah dalam edisi Lancer Evolution ini dari mulai bodykit, interior banyak sekali modifikasi besar-besaran dalam Evolution V ini.



Evolution VI

Perubahan pada Evolution VI terutama difokuskan pada pendinginan dan ketahanan mesin. Mobil ini menerima intercooler yang lebih besar, pendingin oli yang lebih besar, dan piston baru, beserta roda turbin titanium-aluminida untuk model RS, yang merupakan yang pertama dalam mobil produksi. Edisi khusus Evolution VI lainnya dirilis pada bulan Desember 1999: Tommi Mäkinen Edition, dinamai berdasarkan pembalap reli Finlandia Tommi Mäkinen yang telah memenangkan empat kejuaraan pembalap Mitsubishi WRC.



Artikel ini berakhir sampai sini dulu

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yamaha yz 125